Thursday, October 17, 2019

Komponen dan Cara Kerja Sederhana Power Supply HP


Rangkaian dari komputer itu sangat rumit dan juga cukup beragam. Namun Anda harus tahu bahwa sesungguhnya bagian inti yang paling penting adalah sebuah power supply yang akan mengalirkan listrik ke beberapa komponen di dalamnya. Sebelum Anda memilih, membeli bahkan menggunakan Power Supply Hp, ada baiknya Anda mengenal lebih dulu beberapa komponen di dalamnya dan cara kerjanya sehingga bisa Anda gunakan dengan lancar tanpa masalah.
Apa Saja Komponen Penting di Dalam Power Supply HP dan Bagaimana Cara Kerjanya?
Sudah ada begitu banyak spesifikasi dari Power Supply HP yang beredar di pasaran. Akan tetapi, lebih baik Anda mencoba untuk tahu apa saja komponen di dalamnya antara lain:
  • IC regulator
Fitur ini memiliki fungsi untuk dapat mengatur tegangan yang terdapat dalam rangkaian elektronika sehingga tetap selalu stabil
  • Resistor
Ini merupakan sebuah perangkat yang akan membantu Power Supply menurunkan tingginya tegangan, kemudian membagi tegangan listrik itu dan membatasi arus energi listrik yang masih supaya bisa mengontrol semua perangkat keras yang terhubung dengan motherboard.
  • LED
Ini merupakan sebuah komponen yang mirip dengan dioda semikonduktor yang terdapat keistimewaan di dalamnya.
Bukan hanya mengetahui tentang komponennya saja melainkan Anda sebaiknya harus mengetahui tentang cara kerja dari power supply ini sehingga Anda pun tahu bagaimana harus menggunakan alat ini. Ketika pengguna sudah menyalakan dan menekan tombol power yang terdapat dalam komputer, maka alat ini kemudian akan secara otomatis melakukan tes dan pemeriksaan sebelum akhirnya menjalankan seluruh sistem komputer. Bila tes sudah berjalan dengan maksimal, maka power supply kemudian akan mengirimkan sinyal menuju mainboard.
Sinyal atau power good ini akan menunjukkan jika ini merupakan pertanda bahwa komputer akan siap untuk dijalankan atau digunakan. Kemudian, power supply juga akan membagi daya berdasarkan dari kapasitas yang diperlukan untuk masing-masing komponen di dalam komputernya. Selain mengalirkan energi listrik pada komponen komputer, alat ini pun juga akan menjaga stabilitas dari arus listrik di berbagai komponen.
Seperti halnya CPU, memiliki Power Supply HP sangat penting apalagi jika terdapat gangguan pada power supply ini, maka aliran daya bagi semua komponen akan terganggu pula.

No comments:

Post a Comment